Cara Menambahkan Situs Web ke Google Search Console

Cara Menambahkan Situs Web ke Google Search Console

                                         



Google Search Console adalah alat gratis yang disediakan oleh Google yang membantu pemilik situs web mengidentifikasi kinerja situs web di ranah organik. Pada artikel ini, Anda akan mempelajari apa itu Google Search Console, manfaatnya, dan cara menggunakan Google Search Console.


Google Search Console (sebelumnya dikenal sebagai Alat Webmaster Google) adalah platform gratis bagi pemilik situs web untuk memantau kinerja situs web di ranah organik Google. Anda dapat menggunakan Google Search Console untuk mengetahui domain mana yang menyediakan link ke situs web (domain referensi), performa situs di perangkat seluler, dan analisis halaman situs yang paling banyak diperdagangkan.


Ada banyak keuntungan menggunakan Google Search Console. Anda dapat meningkatkan situs web Anda berdasarkan analisis dari Google Search Console. 


1. Temukan kata kunci yang populer dengan bisnis Anda

Pengunjung menemukan situs web Anda melalui berbagai kata kunci. Google Search Console membantu pengguna menemukan kata kunci yang mereka gunakan untuk menemukan situs web mereka.

Alat ini memberikan informasi tentang tampilan keseluruhan situs web dalam hasil penelusuran untuk kata kunci (tayangan) tertentu dan berapa kali situs web itu diklik (rasio klik-tayang) dari hasil penelusuran tersebut. Dengan begitu, Anda dapat menemukan kata kunci yang paling efektif dan tidak efektif untuk SEO situs Anda.


2. Identifikasi halaman paling populer

Setiap situs web memiliki halaman yang lebih populer daripada halaman lainnya di hasil pencarian. Google Search Console dapat membantu Anda mengidentifikasi halaman situs web mana yang paling banyak menarik pengunjung. Anda dapat mengurutkan halaman situs Anda berdasarkan tayangan atau rasio klik-tayang (CTR).


3. Ketahui dari mana asal pengunjung

Anda juga dapat menggunakan Google Search Console untuk mengidentifikasi dari mana asal pengunjung situs Anda. Fitur ini membantu Anda memahami demografi calon pelanggan dan membantu Anda menjangkau audiens yang tepat.


4. Identifikasi perangkat yang digunakan pengunjung

Selain mendapatkan informasi lokasi, Anda juga bisa mendapatkan data tentang perangkat yang digunakan pengunjung website. Google Search Console membantu Anda mengetahui bagaimana pengunjung berinteraksi dengan situs web Anda, terutama apakah Anda menggunakan desktop atau perangkat seluler.


5. Periksa kompatibilitas perangkat seluler

Cukup buka situs web di ponsel cerdas Anda dan Anda akan melihat apakah Anda telah mengakses situs web di perangkat seluler Anda. Sayangnya, metode ini kurang akurat karena hanya menggunakan penilaian subjektif Anda sendiri. Anda dapat menggunakan Google Search Console untuk melihat kinerja situs web Anda di perangkat seluler. Google Search Console menyediakan fitur kegunaan seluler yang membantu Anda memverifikasi kompatibilitas situs web di perangkat seluler Anda.


 Selain itu, Google Search Console memberikan rekomendasi tentang langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan performa situs Anda di perangkat seluler.Setelah Anda berhasil menambahkan dan memverifikasi situs Anda ke Google Search Console, sekarang saatnya untuk mulai menggunakan Google Search Console. 

Pahami istilah-istilah di Google Search Console

Sebelum Anda mulai menggunakan Google Search Console, Anda perlu memahami beberapa istilah penting dari alat ini.


  • Kesan/Impression

Semua link URL yang muncul di hasil pencarian disebut tayangan. Tayangan adalah tampilan link URL secara keseluruhan dalam hasil pencarian. Meskipun tautan URL tidak diklik atau ditampilkan kepada penelusur, itu tetap disebut tayangan.

  • Klik

Saat pengguna mengklik link untuk keluar dari hasil pencarian Google, ini dianggap sebagai satu klik. Bahkan jika pengguna mengklik link lalu menekan tombol Kembali untuk mengklik link yang sama, ini tetap disebut sekali klik.

  • Rasio klik-tayang (RKT)

RKT adalah klik dibagi dengan tayangan kemudian dikalikan 100. Jika tautan muncul 20 kali di hasil pencarian dan memiliki 10 klik, CTR-nya 50%.


Cara menambahkan situs web ke Google Search Console

Berikut tujuh langkah untuk menambahkan situs web ke Google Search Console:

  • Login akun Google.
  • Buka Alat Webmaster.
  • Klik Tambahkan Properti.
  • Pilih "Situs web".

Pilih Situs web dari menu tarik-turun dan masukkan URL situs web. Masukkan URL yang sama persis dengan URL yang ditampilkan di browser Anda.

  • Klik "Lanjutkan".
  • Pilih metode verifikasi.

Google Search Console menyediakan beberapa cara untuk memvalidasi situs Anda dari mengupload file HTML, penyedia nama domain, tag HTML, atau kode pelacakan Google Analytics. Pilih salah satu yang Anda inginkan.


Tambahkan domain satu per satu.

Jika situs web Anda mendukung versi http: // dan https: //, tambahkan satu per satu.


Ini adalah artikel tentang apa itu Google Search Console dan cara menggunakannya. Google Search Console memiliki banyak keuntungan dalam mengembangkan situs web. Anda dapat menggunakan Google Search Console untuk mendapatkan data yang akurat tentang kata kunci, keamanan, dan kinerja situs web di hasil pencarian Anda. Oleh karena itu, pastikan website Anda sudah terdaftar di Google Search Console.