Hati Hati Penipuan Registrasi Prakerja dan Belajar Melihat Website Phising Dengan Melihat Domain

Hati Hati Penipuan Registrasi Prakerja dan Belajar Melihat Website Phising Dengan Melihat Domain

 


Di WhatsApp, beredar kabar pendaftaran Kartu Prakerja di tautan https://prakerja.vip. Apakah informasi itu benar? Cek faktanya di sini! 


"Hati-hati rekan pekerja saat menerima informasi. Tetap waspada dan laporkan kepada pihak kepolisian jika mengalami kerugian," ujar Ida melalui keterangan tertulisnya.


Program pra-kerja yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk merebut peluang kerja telah dimanfaatkan oleh banyak oknum yang tidak bertanggung jawab.


Yang mau daftar Prakerja, hati-hati. Banyak yang menyebar link seolah-olah website pendaftaran Prakerja tapi sebenernya situs abal-abal yang mungkin mau serok data pribadi kita.


Setelah itu, tautan pendaftaran kartu pra-kerja dibagikan melalui tautan tidak resmi. Masalahnya, link palsu terus beredar luas di media sosial dan aplikasi chat. Dari pesan melingkar tersebut, terdapat link yang perlu diakses oleh penerima pesan.


Seperti diberitakan Kabar Joglosemar.com dari Mantra Sukabumi dalam artikel "Awas, Penipuan Registrasi Kartu Pra-Kerja Rp 600 Ribu", modus ini adalah milik korban melalui https://prakerja.vip. Digunakan untuk mengambil data.


Sekilas, ini mungkin terlihat seperti kabar baik. Artinya, informasi registrasi kartu pra kerja yang menggiurkan mendapatkan Rp 600.000. Padahal, setelah dilihat dari situsnya, link registrasi kartu pra kerja yang asli masuk ke situs prakerja.go.id. Oleh karena itu, kami dapat menyimpulkan bahwa situs tersebut tidak ada,


Menurut Harpin, situs itu merupakan tiruan dari situs resmi prakerja.go.id. Ia menduga kalau pembuatan prakerja.vip bertujuan mengumpulkan data pribadi masyarakat dengan modus penipuan. Artinya, itu tergolong ke dalam phishing.


Bagi Anda yang telah telanjur mengisi formulir di situs penipuan itu, Saya menyarankan agar Anda melaporkannya ke pihak berwajib.


Jadi Buat kalian yang mau belajar untuk membedakan website asli dari pembuatnya dengan melihat domainnya, nah buat kalian yang belum tau domain contohnya seperti ini: jasa.ohayou.id dari akhirannya itu ada banyak seperti .com .id .go.id dan lain lain atau kalian bisa baca artikel tentang domain DISINI.

Jadi phising kebanyakan memakai domain murah/gratisan seperti .xyz .vip dan lain lain, untuk mengetahui yang asli itu biasanya muncul di halaman pertama  ketika kita search di google.